Inggris Indonesia
Ikuti Kami di Google News Follow

Cara Memperluas Jangkauan Jaringan WiFi

Memperluas jangkauan jaringan WiFi perlu untuk kita ketahui agar saat browsing dan melakukan aktivitas yang membutuhkan koneksi internet tidak mengalami gangguan atau koneksi lambat di area yang sulit dijangkau oleh router. Khususnya bagi pengguna router IndiHome.

Namun jangan khawatir, karena saat ini sudah ada alat yang dirancang khusus untuk memperluas jangkauan jaringan WiFi di rumah maupun di kantor. Disini kita akan menggunakan alat WiFi repeater. Kalian bisa order di Tokopedia atau shopee. Harganya terjangkau cuma Rp55.000

Cara menggunakannya sangat mudah, kita perlu melakukan reset dan beberapa pengaturan jaringan pada WiFi repeater. Tujuan ini agar lebih mudah terhubung di perangkat hp maupun laptop kalian. Untuk lebih jelasnya, simak langkah berikut:

Cara Memperluas Jangkauan Jaringan WiFi

  1. Colokan WiFi Repeater ke Stop Kontak.
  2. Ambil jarum pentul, lalu masukan ke lobang Reset.
  3. Tekan dan Tahan beberapa detik hingga lampu indikator menyala ulang.
  4. Buka Pengaturan WiFi di HP atau Laptop.
  5. Lalu pilih jaringan WiFi Repeater.
  6. Atur bahasa, lalu pilih Login.
  7. Pilih Next pada opsi Repeater Mode Settings.
  8. Pilih jaringan WiFi yang akan diperluas jangkauannya.
  9. Buat Password, Nama SSID dan beri Centang.
  10. Opsi ini kita bisa atur sesuai keinginan. Lalu pilih Next.
  11. Cara Memperluas Jangkauan Jaringan WiFi
  12. Setelah itu pilih Finish.
  13. Terakhir buka Pengaturan WiFi di perangkat hp atau laptop.
  14. Lalu hubungkan jaringan WiFi Repeater (Bukan Jaringan WiFi Utama)

Cara Memperluas Jangkauan Jaringan WiFi

Saat mengatur WiFi Repeater, penting untuk memilih lokasi yang tepat di mana sinyal router utama masih kuat namun cukup dekat dengan area yang membutuhkan peningkatan jangkauan. Agar sinyal yang diterima oleh repeater tetap optimal.

Perlu diingat, penggunaan terlalu banyak repeater dalam satu jaringan dapat menyebabkan interferensi dan mempengaruhi kinerja secara keseluruhan. Selain itu, WiFi repeater juga harus mengirim ulang sinyal yang diterima, terkadang ada penurunan kecepatan koneksi yang dapat terjadi.

Dalam memilih WiFi Repeater, pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan yang cocok dengan perangkat jaringan WiFi yang digunakan. Seiring perkembangan teknologi, terdapat berbagai macam WiFi repeater dengan fitur yang berbeda.

Jangan berhenti ketika lelah. Berhentilah ketika selesai.