Inggris Indonesia
Ikuti Kami di Google News Follow

Cara Melihat Password Wifi di HP (Android, iPhone)

Password Wifi atau kata sandi merupakan sistem keamanan yang digunakan pada sebuah jaringan nirkabel (Wifi). Dengan adanya jenis keamanan password ini, jaringan Wifi tidak mudah digunakan secara bebas bagi orang yang tidak dikenal.

Mungkin kalian pernah mengalami masalah ini. Ketika menggunakan jaringan Wifi tetangga, namun password Wifi yang pernah digunakan lupa. Ingin terhubung ke laptop jadi susah karena harus memasukan password terlebih dahulu.

Download pake aplikasi juga enggak bisa, harus root hp baru bisa kita lihat. Berbagi kata sandi jaringan Wifi dengan kode QR tetap enggak bisa, karena laptop belum memiliki fitur scan kode QR. Jadi tambah bingung ya kan.

Cara Melihat Password Wifi di HP

Melihat password Wifi di hp Android maupun iPhone sebenarnya mudah dan simpel. Karena jaringan Wifi yang terhubung, passwordnya sudah tersimpan otomatis. Apalagi sudah menggunakan sistem operasi Android atau iOS terbaru.

Seperti Android 10 dan iOS 16 ke atas, melihat password Wifi jadi lebih mudah dan cepat tanpa harus menggunakan aplikasi atau scan kode QR terlebih dahulu. Cukup tap nama jaringan yang terhubung, otomatis menampilkan password Wifi.

Meskipun begitu, ternyata masih banyak pengguna yang belum mengetahui dan mencari informasi letak menu pengaturan tersebut. Dari pada bingung, sobat bisa ikuti beberapa langkah mudah yang admin bagikan berikut ini.

Android

Apabila ada sedikit perbedaan dengan langkah yang admin bagikan ini, disesuaikan saja. Caranya enggak jauh berbeda dengan hp android yang kalian gunakan. Namun pada umumnya, password Wifi ada di menu pengaturan jaringan.

  1. Buka menu Pengaturan Android.
  2. Lalu pilih Jaringan & internet.
  3. Setelah itu pilih Wi-Fi.
  4. Cara Melihat Password Wifi di Android
    Cara Melihat Password Wifi di Android
  5. Tap jaringan Wifi terhubung.
  6. Lalu pilih Bagikan.
  7. Password Wifi ada di bawah kode QR, pada pilihan kata sandi.
Cara Melihat Password Wifi di Android
Cara Melihat Password Wifi di Android
Cara Melihat Password Wifi di Android

iPhone iOS

Sebenarnya ini kabar baik bagi pengguna iPhone. Di mana pada iOS 16 ke atas sudah ada fitur terbaru yang dapat memudahkan pengguna melihat password Wifi yang terhubung. Cara melihatnya lebih mudah dan simpel.

Simak langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan iPhone
  2. Lalu pilih Wi-Fi.
  3. Kemudian pilih jaringan Wifi terhubung.
  4. Setelah itu tap pada pilihan Kata sandi.
  5. Otomatis menampilkan password Wifi.
Cara Melihat Password Wifi di iPhone
Cara Melihat Password Wifi di iPhone
Cara Melihat Password Wifi di iPhone

Bagaimana mudah bukan melihat password Wifi terhubung di Android maupun iPhone?. Namun sayangnya fitur tersebut hanya bisa digunakan pada sistem operasi Android dan iPhone tertentu saja.

Lalu bagaimana bagi hp yang belum memiliki fitur tersebut? Enggak usah khawatir kawan, karena masih bisa kita atasi dengan metode lain. Dengan syarat, hp yang digunakan sudah bisa berbagi dengan kode QR jaringan.

Di sini kita hanya membutuhkan kode QR-nya saja. Kemudian cek caranya di halaman ini Cara Melihat Password Wifi di Google enggak perlu install aplikasi tambahan. Cukup upload kode QR jaringan, password Wifi bisa dilihat dengan mudah.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai cara melihat password Wifi di hp Android dan iPhone, semoga dengan informasi singkat ini dapat membantu kalian dalam menghubungkan jaringan Wifi ke perangkat laptop.

Jangan berhenti ketika lelah. Berhentilah ketika selesai.