Inggris Indonesia
Ikuti Kami di Google News Follow

Cara Mengubah Bahasa Keyboard Windows 10/11

Terdapat berbagai pilihan bahasa yang bisa ditambahkan pada Windows 10/11. Ketika pengguna ingin belajar mengetik tulisan Arab di Microsoft Word. Cara ini perlu diketahui agar bahasa keyboard yang digunakan menjadi huruf hijaiyah.

Selain bahasa Arab, kalian juga dapat menambahkan beberapa bahasa sekaligus dari negara yang berbeda. Seperti Malaysia, India, Rusia, China, Jepang, Kanada dan masih banyak lagi pilihan bahasa lainnya yang dapat ditambahkan.

Sebagai contoh, pembahasan ini kita akan mengubah bahasa keyboard ke bahasa Arab. Setelah berhasil ditambahkan, bahasa yang digunakan pada keyboard bukan huruf abjad lagi, melainkan sudah memakai huruf hijaiyah ا ب ت ث ج ح خ د

Cara Mengubah Bahasa Keyboard Windows 10/11

Bukan hal yang sulit mengubah bahasa keyboard di Windows 10/11, namun sebagian pengguna masih ada yang belum mengetahui letak menu pengaturan tersebut. Yang perlu kita lakukan adalah menambahkan bahasa terlebih dahulu.

Dulu letak menu pengaturan bahasa Windows 10 dan Windows 11 masih sama melalui menu Settings. Apabila terdapat perbedaan setelah melakukan pembaruan terbaru saat ini, disesuaikan saja. Untuk lebih jelasnya simak langkah berikut ini :

  1. Buka Settings tekan Windows + I.
  2. Lalu pilih Time & Language.
  3. Kemudian pilih Language & Region.
  4. Pilih lagi Add Language.
  5. Cara Mengubah Bahasa Keyboard Windows 10/11
  6. Setelah itu pilih bahasa Arabic (Saudi Arabia).
  7. Lalu pilih Next.
  8. Cara Mengubah Bahasa Keyboard Windows 10/11
  9. Pilih lagi Install.
  10. Cara Mengubah Bahasa Keyboard Windows 10/11
  11. Tunggu proses download selesai.

Mengaktifkan Bahasa Keyboard

Sampai tahap ini bahasa keyboard Windows 10/11 kalian sudah berhasil ditambahkan. Selanjutnya kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu agar bahasa keyboard berubah menjadi huruf Arab/hijaiyah.

  1. Klik tulisan ENG di bagian Taksbar.
  2. Lalu ubah ke bahasa Arabic (Saudi Arabia).
Cara Mengubah Bahasa Keyboard Windows 10/11

Untuk memudahkan kita dalam mengetik tulisan Arab, di sini kita perlu menggunakan keyboard virtual bawaan Windows. Ketik On-Screen Keyboard di kolom search.

Cara Mengubah Bahasa Keyboard Windows 10/11

Untuk pengaturan posisi tulisan di Microsoft Word agar berpindah ke sebelah kanan, mengubah angka arab otomatis dan menambahakan harakat. Simak di pembahasan selanjutnya, termasuk menyisipkan ayat al-qur'an otomatis.

Mungkin itu saja dulu pembahasan kita kali ini mengenai cara mengubah bahasa keyboard di Windows 10/11. Semoga dengan informasi singkat ini dapat membantu kalian dalam mengetik berbagai pilihan bahasa yang tersedia.

Jangan berhenti ketika lelah. Berhentilah ketika selesai.