Inggris Indonesia
Ikuti Kami di Google News Follow

Cara Mengetahui IP Address Laptop dan HP

Ketika komputer atau smartphone terhubung ke sebuah jaringan internet, perangkat tersebut memiliki identitas unik atau IP Address berupa deretan angka, yang terdiri dari 4 blok. Setiap blok terdapat sejumlah angka, dari angka 0 hingga 255.

Mengetahui IP address mungkin tidak terlalu penting. Namun, bagi yang menggunakan jaringan internet dari layanan IndiHome. IP address salah satu bagian terpenting untuk diketahui, agar tidak salah dalam melakukan blokir perangkat pada pengaturan router.

Letak menu pengaturan IP Address setiap perangkat berbeda. Untuk itu, admin akan memberikan beberapa cara bagi pengguna laptop, hp Android maupun iPhone iOS. Caranya mudah, kita enggak perlu install aplikasi terlebih dahulu.

Cara Mengetahui IP Address Laptop

Tidak ada perbedaan mengetahui IP Address di laptop pada sistem operasi Windows XP/7/8/10/11, karena caranya sama saja. Pembahasan ini admin akan cek IP Address melalui Command Prompt atau biasa kita sebut dengan CMD.

Simak beberapa langkah di bawah ini:

  1. Buka CMD di laptop.
  2. Tekan Windows + R pada keyboard.
  3. Kemudian ketik CMD, lalu Enter.
  4. Setelah itu ketik ipconfig, lalu tekan Enter.
  5. Maka akan menampilkan beberapa informasi jaringan yang digunakan. IP Address laptop bisa dilihat pada bagian IPv4 Address.
Cara Mengetahui IP Address Laptop

Cara Mengetahui IP Address HP

Begitu juga sebaliknya ketika kalian ingin mengetahui IP Address pada smartphone Android dan iOS. Terdapat sedikit perbedaan pada bagian menu pengaturan. Pada umumnya, bisa kita ketahui melalui menu pengaturan jaringan.

Simak langkah di bawah ini sesuai dengan perangkat hp dan sistem operasi yang digunakan, Android atau iOS.

Android

Ada dua cara mengetahui IP Address di hp Android yaitu melalui menu pengaturan 'Jaringan Wifi' dan 'Tentang Ponsel'. Apabila langkah di bawah berbeda dengan ponsel Android yang kalian gunakan, disesuaikan saja.

Pengaturan Wifi:
  1. Buka Pengaturan hp Android.
  2. Pilih Jaringan & Internet.
  3. Lalu pilih lagi menu Wi-Fi.
  4. Cara Mengetahui IP Address Android
    Cara Mengetahui IP Address Android
  5. Kemudian pilih jaringan Wifi terhubung.
  6. Gulir ke bawah, cari pilihan Alamat IP.
Cara Mengetahui IP Address Android
Cara Mengetahui IP Address Android
Tentang Ponsel:
  1. Buka Pengaturan Android.
  2. Gulir ke bawah, pilih Tentang Telepon.
  3. Kemudian pilih Status.
  4. Setelah itu lihat di menu Alamat IP.
Cara Mengetahui IP Address Android
Cara Mengetahui IP Address Android
Cara Mengetahui IP Address Android

iPhone iOS

Mengetahui IP Address di iPhone iOS sangat mudah, kita bisa ketahui melalui menu pengaturan Wi-Fi. Simak beberapa langkah di bawah ini:

  1. Buka Pengaturan di iPhone.
  2. Kemudian pilih Wi-Fi.
  3. Setelah itu pilih jaringan Wifi terhubung.
  4. Gulir ke bawah, cari pilihan Alamat IP.
Cara Mengetahui IP Address iPhone
Cara Mengetahui IP Address iPhone
Cara Mengetahui IP Address iPhone

Setalah mengetahui IP Address di laptop maupun ponsel Android dan iPhone. Langkah selanjutnya disesuaikan saja dengan keperluan kalian masing-masing.

Bagi yang ingin blokir mac address perangkat. Cocokan IP Address perangkat yang kalian digunakan di halaman pengaturan router zte. Apabila ada perangkat enggak dikenal, catat bagian mac addressnya saja, lalu tambahkan ke daftar blokir.

Itulah tadi cara mengetahui IP Address perangkat laptop maupun hp Android dan iPhone. Semoga dengan informasi singkat ini dapat membantu kalian dalam melakukan pengaturan jaringan. Selamat mencoba.

Jangan berhenti ketika lelah. Berhentilah ketika selesai.