Inggris Indonesia
Ikuti Kami di Google News Follow

Cara Cepat Membuka Control Panel di Windows 11

Control Panel salah satu fitur yang tersedia pada sistem operasi Windows memberikan akses ke pengguna untuk melakukan berbagai pengaturan dan konfigurasi komputer. Namun, pada Windows 11 ini, Microsoft telah memperkenalkan perubahan signifikan pada antarmuka pengguna dan penyesuaian Control Panel.

Pengaturan tersebut dirancang agar lebih intuitif dan mudah diakses, terutama untuk pengguna yang lebih awam dalam penggunaan komputer. Meskipun demikian, Control Panel masih dapat diakses di Windows 11, tetapi pengguna akan menemukan beberapa perbedaan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Cara Membuka Control Panel di Windows 11

Walaupun cara ini sudah ada sejak lama dan sering dipakai di Windows sebelumnya, beberapa pengguna mungkin masih ada yang belum mengetahuinya. Untuk mengaksesnya kita perlu melakukan beberapa langkah melalui Windows Run, Windows Search dan Windows terminal.

Selain dapat digunakan untuk membuka control panel. Ketiga fitur tersebut memiliki fungsi untuk membuka/mencari/melakukan perintah apapun yang ada di Windows 11. Seperti membuka aplikasi, file, pencarian situs web termasuk melakukan beberapa perintah berbeda dalam satu jendela.

Windows Run

  1. Tekan logo Windows + R pada keyboard.
  2. Ketik Control Panel di kolom tersedia.
  3. Lalu klik Ok atau Enter.

Cara Membuka Control Panel di Windows 11

Windows Search

  1. Klik ikon Search pada bagian Taskbar.
  2. Lalu ketik Control Panel.

Cara Membuka Control Panel di Windows 11

Windows Terminal

  1. Buka Windows Terminal dengan cara klik kanan pada mouse.
  2. Pilih Open in terminal.
  3. Ketik Control Panel.
  4. Lalu tekan Enter.
  5. Secara otomatis akan membuka Control Panel.

Cara Membuka Control Panel di Windows 11

Walaupun ada beberapa perbedaan pada antarmuka dan penempatan menu Control Panel di Windows 11, sebagian besar pengaturan dan konfigurasi yang biasa bisa diakses melalui Control Panel masih bisa ditemukan di sana.

Namun, Microsoft secara bersamaan berupaya untuk menyederhanakan dan mengintegrasikan pengaturan tersebut ke dalam pengaturan (Settings) agar lebih konsisten dengan pengalaman pengguna Windows 11.

Jangan berhenti ketika lelah. Berhentilah ketika selesai.