Inggris Indonesia
Ikuti Kami di Google News Follow

Blokir Nomor Tidak Dikenal di Android

Spam dari nomor tidak dikenal memang sangat meresahkan, karena dapat mengganggu aktivitas sedang bekerja. Namun jangan khawatir, dengan metode ini kita bisa blokir nomor secara otomatis di hp Android, ampuh!

Seperti yang diketahui, saat ini sedang maraknya pinjaman online (Pinjol) maupun spam sms admin slot. Banyak nomor tidak dikenal melakukan panggilan maupun SMS menawarkan berbagai macam promo atau pinjaman online.

Terkadang nomor kita dijadikan kontak darurat oleh oknum tidak bertanggung jawab. Apabila si peminjam tidak membayarkan tagihan tepat waktu. Nomor kita menjadi sasaran debt collector menagih secara kasar dan brutal setiap hari.

Cara Blokir Nomor Tidak Dikenal di Android

Setiap hp android terdapat fitur blokir otomatis dari nomor yang tidak dikenal, akan tetapi fitur tersebut kurang efektif. Karena masih bisa melakukan spam panggilan maupun SMS ke nomor kita.

Dengan metode ini, kita dapat mengidentifikasi spam atau bukan. Bahkan ketika ada nomor baru masuk melakukan panggilan atau SMS, otomatis akan mendeteksi dengan nama tertentu.

Misal diberi nama "Debt Collector" atau "Penipu", termasuk provider Telkomsel yang selalu melakukan spam promo lewat SMS setiap hari.

Begini cara blokirnya :

  1. Download dan install aplikasi Truecaller.
  2. Buka aplikasi, pilih Mulai dan Izinkan.
  3. Daftarkan Nomor ponsel kalian.
  4. Buat Profil dengan akun Google, Facebook atau Manual.
  5. Setelah masuk halaman utama Truecaller, pilih ikon pojok kanan atas.
  6. Pilih Pengaturan. Lalu pilih Blokir.
  7. Aktifkan fitur blokir seperti nomor tersembunyi, spammer populer, nomor dari luar negeri, nomor yang tidak ada di kontak dan beberapa pengaturan lainnya.
Blokir Nomor Tidak Dikenal di hp Android

Setelah fitur blokir aktif, semua panggilan maupun SMS dari nomor yang tidak dikenal akan masuk ke daftar blokir. Menariknya, kita juga dapat menemukan nomor telepon seseorang berdasarkan nama atau mengidentifikasi siapa pemilik nomor telepon tertentu.

Jangan berhenti ketika lelah. Berhentilah ketika selesai.