Inggris Indonesia
Ikuti Kami di Google News Follow

Cara Transfer File Dari HP ke Laptop Online

Transfer file dari hp ke laptop menggunakan kabel data atau OTG mungkin sudah biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila dalam keadaan darurat alat tersebut mengalami kerusakan, kita juga perlu menggunakan metode yang satu ini.

Terlebih lagi perangkat yang kalian gunakan sudah terhubung dengan jaringan Wifi, cara ini perlu diketahui. Bisa dibilang rekomended sih bagi yang ingin memindahkan dokumen penting seperti, foto, musik maupun video.

Proses transefernya juga cepat, enggak perlu install aplikasi sharing yang banyak beredar. Cukup menggunakan browser bawaan perangkat seperti Google Chrome, kita sudah bisa memindahkan file dengan mudah dan cepat.

Cara Transfer File Dari HP ke Laptop

Walaupun masih ada metode lain yang bisa kita pakai, seperti menggunakan bluetooth. Terkadang sulit untuk terhubung satu sama lain, entah itu karena driver yang enggak kompatibel atau memang bluetooth yang rusak.

Jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak cara memindahkan file dari hp ke laptop. Salah satunya dengan metode online, dengan memanfaat jaringan yang terhubung di perangkat. Baik yang menggunakan Wifi maupun data seluler.

Pembahasan ini kita akan menggunakan tools dari salah situs website Snapdrop. Dengan Snapdrop, kita dapat berbagi file hanya menggunakan browser dengan teknologi luar biasa, yang terinspirasi dari Apple's Airdrop.

Bagi yang ingin mencoba, simak beberapa langkah berikut ini :

  1. Kunjungi situs Snapdrop di hp dan laptop.
  2. Otomatis setiap perangkat terdeteksi dengan nama berbeda.
  3. Contohnya seperti gambar di bawah ini.
  4. Cara Transfer File Dari HP ke Laptop Online
  5. Kemudian tap logo desktop di layar hp.
  6. Setelah itu cari file yang akan di transfer.
  7. Jika sudah, maka di layar laptop menampilkan file tersebut.
  8. Lalu pilih Save. Otomatis akan melakukan download.
Cara Transfer File Dari HP ke Laptop Online

Lakukan hal sama jika kalian ingin transfer file dari laptop ke hp. File yang sudah di save, letaknya ada di folder download.

Enggak perlu khawatir dengan file yang sudah kalian kirim, karena tidak tersimpan di database. Hanya menggunakan koneksi P2P, artinya file telah dikirim tidak masuk ke server mereka, ke sesama pengguna Snapdrop.

Informasi lebih lengkap mengenai Snapdrop, bisa baca di halaman ini Snapdrop.

Untuk size yang lebih besar, belum pernah dicoba. Kalau untuk sekedar memindahkan dokumen foto, video atau musik prosesnya enggak perlu diragukan lagi. Semua tergantung koneksi internet yang kalian gunakan.

Baiklah, mungkin itu saja dlu pembahasan kita kali ini mengenai cara transfer file dari hp ke laptop secara online. Semoga dengan informasi singkat ini dapat membantu kalian dalam memindahkan file tanpa kabel data atau OTG.

Jangan berhenti ketika lelah. Berhentilah ketika selesai.